Mystery of Un-Real Number


Dalam garis bilangan anda pastinya dapat menentukan posisi bilangan √2 bukan? Pernahkah anda berfikir dimanakah posisi  √(-2) ? termasuk bilangan positif atau negatif ? atau bukan keduanya?
√2,1,0 adalah bilangan real atau bisa juga disebut bilangan nyata? Lalu adakah bilangan ghaib atau tidak nyata? Ya hampir benar bahwa ada bilangan yang tak nyata atau disebut Bilangan Kompleks. 
Bilangan kompleks z adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk 
z=x+iy  dimana x,y adalah bilangan real dan i=√(-1)
Apakah setiap bilangan kompleks  tidak dapat di gambarkan dalam garis bilangan real? Lihat bentuk umum bilangan komplek,s bahwasannya jika nilai y=0 maka z=x dimana z adalah bilangan real.namun ketika y tidak bernilai nol maka tedapat  i=√(-1)  yang tak dapat diilustrasikan dalam garis bilangan real.
Jadi bilangan Complex tidak dapat di ilustrasikan? Bilangan ini kususnya yang mengandung unsur i memang tak dapat digambar dalam garis bilangan real.namun dapat disajikan dalam suatu diagram yang disebut diagram argand. Tapi walaupun satu bilangan z  sudah dalam bentuk (x,y).dimana sumbu horizontal disebut sumbu Real atau Re(z) dan vertikal disebut Sumbu Imajiner atau Im(z)
Contoh  :     3+√(-4)=3+√((-1)4)=3+2i 


Coba hitung di kalkulatormu, ketika menghitung √(-1). pasti  kalkulatornya pada bingung mau ngeluarin hasil apa? Soalnya yang mau dikeluarin bilangan ghaib. Jadi kalkulatornya nyerah dan ngeluarin error. Sekarang nyoba di kalkulatormu 7:0 ? apakah mengalami hal yang sama? Apakah 7/0 juga bilangan yang tak nyata pula? Lalu masuk pada kelompok apakah 7:0 ? ? ? 
Mungkin hanya sekilas tentang bilangan kompleks.untuk lebih jelasnya silahkan mempelajari analisis kompleks atau peubah kompleks. Dimana mulai awal sampai akhir mempelajari bilangan  yang ghoib-ghoib seperti yang telah dijelaskan di atas. Mungkin bisa browsing, apakah ada bilangan tak nyata yang lain? Selamat mencoba!!
by: Hadi Siswanto



Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Our Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger